-->

3 Perbedaan RAM Dan ROM Secara Singkat


Perbedaan RAm dan ROM - Halo teman-teman buat kalian yang ingin mencari tahu perbedaan antara RAM dan RAM, pada kali ini kita akan membahas tentang 3 perbedaan RAM dan ROM.
RAM dan ROM adalah hardware atau perangkat keras komputer yang memiliki peran sebagai media penyimpanan pada komputer, gadget, laptop dan lainnya. Walaupun RAM dan ROM memiliki kesamaan sebagai media penyimpanan, tapi kita juga harus tahu ada beberapa perbedaan yang harus kita ketahui, sebelum pada pokok pembahasan saya akan membahas sedikit tentang pengertian RAM dan ROM.

Pengertian RAM


RAM atau singkatan dari Random Access memory adalah sebuah penyimpanan data sementara di dalam komputer yang masih aktif. Fungsi RAM pada sebuah komputer atau gadget peran sebagai otak dari jalannya sebuah gadget maupun komputer.

Baca Juga : Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya

RAM hanya akan berjalan atau melakukan tugasnya ketika saat komputer atau gadget digunakan, sebagai penyimpanan memori sementara untuk memperlancar jalannya kinerja dari prosesor untuk dapat membaca sebuah perintah dari user. Sehingga ketika kita atau komputer dimatikan RAM pun akan berhenti bekerja. Dan juga jika kita mempunyai kapasitas RAM yang besar kita juga dapat melakukan multitasking pada komputer atau gadget. Maka dari itu RAM mempunyai peran penting bagi kinerja sebuah komputer.

Pengertian ROM



ROM atau singkatan dari read Only Memory merupakan sebuah ruang atau sebuah tempat pada komputer, laptop, gadget, dan perangkat lainnya. Yang berperan untuk menyimpan file seperti ,gambar, musik dan lain-lain.

3 perbedaan RAM dan ROM


  1. Kapasitas RAM dan ROM
    Pertama kita akan membahas tentang kapasitas antara RAM dan ROM, Pada umumnya RAM memiliki kapasitas dengan volume besaran MB dan GB dan juga memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Selain itu kapasitas RAM yang kita gunakan juga bisa kita tingkatkan sesuai dengan keinginan.

    Baca Juga : Cara Menambahkan RAM Laptop Dan Komputer Menggunakan Flashdisk

    Berbeda dengan ROM, tidak dapat kita tingkatkan sesuai keinginan sendiri, karena ROM telah disesuaikan oleh pabrik pembuatnya.
  2. Keamanan data yang disimpan
    Kedua kita akan membahas keamanan data yang disimpan antara data yang disimpan pada RAM dan ROM. Jika pada poin pertama kita bisa melihat RAM lebih unggul daripada ROM, namun pada poin ke 2 ini ROM-lah yang lebih unggul, dikarenakan data yang tersimpan di dalam ROM bersifat permanen dan tidak mudah hilang, Karena pada saat proses penyimpanan data ROM tidak membutuhkan tambahan atau daya listrik.

    Sedangkan data yang tersimpan pada RAM sangat rentan sekali hilang, misalnya ketika saat listrik mati ketika kita menggunakan komputer proses penyimpanan data RAM pun akan terhenti, dikarenakan kinerja RAM membutuhkan daya listrik.
  3. Jenis-jenis produk RAM dan ROM
    Jenis-jenis program RAM memiliki 2 jenis produk yaitu DRAM dan SRAM. DRAM ataupun Dynamic RAM kita pasti sudah tidak asing lagi dikarenakan DRAM sudah dijadikan satu paket dengan sistem hardware standar lainnya. Perbedaan antara DRAM dan SRAM yaitu kecepatan dari SRAM lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, saat DRAM bekerja membutuhkan refresh yang banyak bahkan hingga ribuan kali, dan untuk kecepatannya biasanya mencapai 60 nanodetik, berbeda dengan SRAM yang tidak membutuhkan refresh dan SRAM memiliki kecepatan hingga 10 nanodetik.

    Baca Juga : Jenis-Jenis RAM Komputer Dan Fungsinya

    Jenis-jenis ROM meliputi PROM kepanjangan dari (programmable read Only Memory) jenis-jenis ini diproduksi sebagai memori kosong. Sebagai Contohnya seperti cd-rom, EEPROM, dan EPROM. Pengisian data pada PROM dilakukan secara elektris, sedangkan pada EPROM dapat mempertahankan informasi dan data dalam waktu yang relatif lama. Ada juga EEPROM yang dapat melakukan pengisian data kapan saja dan tanpa harus menghapus atau memformat isi dari EEPROM sebelumnya.

Itulah 3 perbedaan antara RAM dan ROM yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung, itu kurangnya saya mohon maaf dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel