-->

Inilah Perbedaan Antara Intel Dan AMD Processor

Perbedaan antara Intel dan AMD - Kalau bicara soal Intel dan AMD kalau menurut saya pasti kalian sudah tidak asing lagi kan mendengar nama nya? ya, betul sekali Intel dan AMD ini keduanya adalah perusahaan besar multinasional yang sama-sama berfokus pada teknologi microprocessor. dengan sejarah yang panjang sehingga dapat merajai pemasaran microprocessor yang ada di indonesia. Tetapi meskipun sama-sama satu bidang Intel dan AMD juga mempunyai keunggulan dan kelemahan antara satu sama lainnya.

Dan pada kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Processor Intel dan AMD beserta dengan keunggulan dan kelebihannya masing-masing.
Buat anda yang mungkin masih bingung dengan produk mana yang akan anda gunakan, apakah itu Intel atau AMD. anda bisa menyimak beberapa perbedaan antara keduanya seperti berikut :

Baca Juga : Jenis-jenis socket processor Intel dan AMD

Perbedaan Antara Intel Dan AMD Beserta Kelebihan dan kelemahannya


Intel Corp

Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berdiri pada tahun sekitar 1968 yang memiliki pusat di amerika serikat, lebih tepatnya di daerah santa clara, california. Perusahaan ini sudah terkenal dengan memfokuskan pada rancangan dan produksi microprocessor untuk menciptakan sirkuit processor yang terpadu.

Tidak hanya itu, intel corporation juga telah membuat chipset motherboard, kartu jaringan, dan juga komponen dan perlatan lainnya. tentunya perusahaan seperti intel mempunyai proyek riset yang sangat maju di bidangnya yang mampu memproduksi semikonduktor, dan salah satu yang bisa saya sebutkan adalah MEMS. Perusaan intel juga mempunyai sebuah slogan yang bisa membuat perusahaan terkenal yaitu "Intel Inside", dan juga intel sudah memperdagangkan produknya secara publik di NASDAQ dengan bersimbolkan INTC (Intel Corporation)

Produk-produk yang sudah di produksi Intel Corp :

  • Intel Core.
  • Intel Pentium.
  • Intel Celeron.
  • Intel Centrino.
  • Intel Pentium M.
  • Intel Server

Keunggulan Processor Intel

Kalau bicara soal perbedaan antara intel dan amd, maka dari sini kita akan menyimpulkan keunggulan dari masing-masing brand raksasa ini. kita mulai dengan keunggulan Intel Corporation terlebih dahulu, seperti berikut :

  1. Hemat Daya

    Hemat dalah adalah salah satu alasan yang menjadi keunggulan dari processor intel, yang salah satunya hasil dari ciptaan intel adalah processor Quad Core, yang secara otomatis dapat mengistirahakan dirinya ketika komputer tidak digunakan secara berlebih, dan juga dapat meningkatkan kinerja processor ketika dibutuhkan.
  2. Tidak Mudah Panas

    Dari banyaknya processor yang telah dibuat oleh Intel Corp, hampir semua processornya mempunyai teknologi yang akan membuat processor mengurangi kinerja dan kecepatannya saat keadaan terlalu panas, dan akan kembali ketika suhu sudah kembali normal.
  3. Intel Turbo Boost

    Untuk fitur dari Intel Turbo Boost ini hanya tersedia pada processor core i5 dan juga core i7, dimana ketika komputer membutuhkan kinerja lebih, processor akan menigkatnya performanya sesuai dengan kebutuhan tersebut secara maksimal. contohnya jiga sebuah aplikasi membutuhkan clockspeed yang tinggi maka processor akan bekerja meningkatkan clockspeed-nya hingga ke tingkat maksimum.
  4. Intel HD Graphics

    Untuk teknologi Intel HD Graphics hanya tersedia untuk processor intel core i3, i5, dan i7. meskipun hanya tersedia pada 3 processor yang saya sebutkan, namun hal ini sudah bisa kita anggap salah satu keunggulan dari Processor intel dalam meningkatkan graphic tingkat High Definition (HD).
Dibalik keunggulan pasti ada kelebihan dsan kelemahan, maka dari itu kita akan bahas juga kelebihan dan kelemahan processor intel :

Kelebihan dari processor Intel berdasarkan literature lainnya :

  • Intel Telah lebih dulu berkembang dibandingkan dengan AMD, maka dari itu juga di lihat dari nama brand intel adalah yang nomor satu
  • Setelah uji performa, Processor intel lebih unggul dalam menjaga performanya menjadikan processor tidak cepat panas di bandingkan dengan processor AMD

Kelemahan dari processor Intel berdasarkan uraian data pengguna :

  • Kalau sudah berurusan dengan graphic gaming ataupun program 3D, kelemahan intel kita harus menambahkan kartu graphic tambahan.
  • harga dari processor intel lebih mahal di bandingkan dengan processor AMD di pasaran. namun harga juga tergantung dengan performa yang di hasilkannya.

AMD (Advanced Micro Devices)

AMD, Merupakan sebuah perusahaan besar semikonduktor multinasional yang berasal dari Amerika Serikat, yang lebih tepatnya berlokasi di sunnyvale, california. Produk utama dari perusahan multinasional AMD sama seperti perusahaan Intel yang kita bahas sebelumnya, yaitu microprocessor, processor untuk server, chipset motherboard, GPU/kartu grafis, processor Komputer, dan bahkan processor untuk mobile dan TV.

Sumber yang berasal dari wikipedia menyebutkan bahwa AMD merupakan perusahaan terbesar kedua pemasok logbal global microprocessor yang berdasarkan arsitektur x86, setelah pesaingnya yaitu Intel, dan pemasok unit pengolahan grafis terbesar ke tiga.

Lalu kemudian AMD pun mengakuisisi perusahaan ATI technologi sekitar tahun 2006, dan semakin berkembang memperbesar teknologinya. Pada tahun 2011 AMD telah mengeluarkan sebuah produk dengan teknologi AMD Accelerated processing Unit atau sering kita singkat menjadi AMD APU, teknologi AMD APU inilah yang masih digunakan dalam chipshet microprocessor AMD, karena masih di anggap mempunyai kinerja yang masih layak untuk di gunakan.

Teknologi AMD APU adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara unit processor, chipshet northbrigde, dan juga GPU atau chipset graphic processing unit radeon menjadi sebuah processor.

Produk-produk microprocessor yang sudah di produksi Oleh AMD :

  • Opteron
  • AMD FX
  • APU A Series
  • APU G Series
  • APU Z Series

Kelebihan Dan Kelemahan Processor AMD


Menurut pengalaman dan data dari pengguna AMD saya telah menemukan beberapa kelebihan dan kelemahan AMD seperti yang akan saya jelaskan seperti berikut :

Kelebihan Processor AMD :

  • Cocok digunakan untuk aplikasi yang berbasis 64bit.
  • Harga yang bisa di bilang lebih murah di bandingkan dengan processor intel. tetapi kalau masalah harga itu tergantung anda yang menentukan. ;-)
  • AMD Lebih unggul dalam grafis dibandingkan dengan Intel.

Kelemahan Processor AMD :

  • Cepat Panas
    karena adanya hal ini, pernah menjadi sebuah kekhawatiran bagi para pengguna AMD, namun karena hal itu AMD pun menghadirkan teknologi ICE Cooler yang dapat mengatasi masalah tersebut. dan teknologi tersebut sudah ada dan digunakan pada beberapa produk dari ASUS.
Baca Juga : Tips Cara Mengoptimalkan Kemampuan Processor AMD

Dari keterangan di atas kita bisa menyimpulkan perbedaan Intel Dan AMD berada pada masing-masin produknya. khusunya pada produk semikonduktor microprocessor. kedua perusahaan tersebut akan terus bersaing dalam hal teknologi microprocessor.

Demikianlah artikel perbedaan antara Intel dan AMD yang bisa saya share, semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda untuk memilih brand mana yang akan anda gunakan. Terima kasih share artikel ini jika bisa bermanfaat untuk anda dan yang lainnya. ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel