-->

Tutorial Cara Mengatasi Hp Android Bootloop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Hp Android Bootloop - Bootloop merupakan salah satu masalah yg sering dialamai oleh para pengguna android, bootloop sendiri adalah proses atau kejadian dimana android mengalami permasalahan gagal booting yg dikarenakan oleh kerusakan di perangkat android sehingga handphone menjadi gagal melakukan start-up yg bisa membuat ponsel sama sekali tidak bisa masuk ke dalam menu home.
Saat ini banyak sekali ponsel yang dibekali fitur-fitur yg sangat canggih serta sangat beraneka ragam sehingga dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan sangat mudah tapi dengan banyak fitur tersebut sudah pasti kemungkinan ponsel untuk tidak terkena bootloop.
cara mengatasi hp android bootloop

Banyak sekali hal-hal lain yg bisa menyebabkan ponsel android kamu mengalami bootloop salah satunya adalah gagal ketika upgrade system, gagal root dan bisa menyebabkan ketika ponsel akan di restart hanya menampilkan logo atau merek ponsel, permasalhan tersebut akan terjadi berulang-ulang saat handphone android kamu di restart, selanjutnya hal lain yang bisa menyebabkan bootloop iyalah kesalahan menggunakan firmware android.

Dengan permasalhan diatas biasanya hp kamu bisa mengalami bootloop. Jadi untuk kamu yang bertanya-tanya bagaiamana untuk bisa mengatasi bootloop? di postingan kali ni aku akan coba menjelaskan cara paling mudah untuk mengatasi hp android bootloop dengan cara yang mudah sebelum kita masuk ke pembahasannya, dsini saya akan terangkan terlebih dahulu untuk permasalhan bootloop sendiri dapat memiliki berbagai macam jenisnya dan cara menangani nya pun sangat berbeda-beda.

Untuk Mengatasi HP Android yg Bootloop atau Gagal Booting

Berikut adalah berbagai macam jenis bootloop dan cara menanganinya. kamu Penasaran bukan, yu simak untuk lebih jelas cara memperbaiki android bootloop seperti berikut.

  1. Android Medium Bootloop
    Untuk permasalhan android bootloop yg satu ini tergolong bootloop yg tidak berat dan parah permasalhannya karena disebabkan oleh kebiasaan para pengguna mengutak-atik fitur fitur yg tersedia di OS android, bila kamu tidak terlalu yakin karena kamu tanpa sengaja/pernah memasuki system recovery tanpa harus mengetahui terlebih dahulu apa efeknya. karena memang system recovery adalah bagian yang penting dari sebuah android, umumnya dari system recovery tersebut kita sendiri bisa melakukan rooting ponsel. Jadi bila kamu mengotak-atik yang tidak jelas dan tanpa mengetahui dampaknya bila salah dalam mencoba utak taik tentu bisa menyebabkan android kamu menjadi reboot atau bootloop dengan sendirinya namun kamu jangan panik jenis bootloop seperti ini tergolong yg menengah karena bisa kamu atasi dengan mencoba masuk system recovery lalu selanjutnya kemudian backup ulang.

    Cara mengatasinya :

    Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pc atau laptop untuk membackup beberapa data recovery seperti image dan file recovery CWM dan aslinya. tips seperti ini bisa berhasil bila kamu sudah membackup data ROM di ponsel tersebut bila kamu belum pernah membackup ROM nya silahkan searching saja pada recovery khusus untuk tipe ponsel anda di google.
  2. Android Hard Bootloop
    Untuk bootloop yg seperti ini bisa di bilang tergolong tipe yg aga sulit dan cukup berat penyebabnya karena kesalahan-kesalahan saat kamu mencoba melakukan sesuatu yg sangat berkaitan dengan hal dibawah berikut diantaranya adalah :
    • Mengganti Stock ROM yang berbeda
    • Melakukan upgrade sistem operasi
    • Meng-compile APK yang salah

    Melakukan hal-hal seperti yang di sebutkan diatas jika mengalami permasalhan dan kesalahan seperti itu tentu bisa memicu terjadinya bootloop yg tipe nya sudah sangat tinggi atau hard. Tanda-tanda ponsel yg memang terkena hard bootloop seperti ponsel tidak bisa masuk ke menu utama dan tidak bisa lagi di otak-atik / biasa disebut dengan macet total.

    Untuk mengatasi pemrasalan diatas cara mengatasinya adalah :


    Permasalhan bootloop diatas sudah bisa di bilang bootloop yg sangat parah maka  untuk mengatasinya pun sangat berbeda dari tips-tips sebelumnya hal yang paling utama yg harus kamu persiapkan adalah sebuah komputer yang sudah terinstall dengan aplikasi khusus untuk menginstall ulang Sistem Operasi di Android / biaa juga untuk melakukan flasing rom ( firmware). Selalu ingat ya untuk mengintsall dari sebuah android itu sangat beda-beda caranya kamu bisa sesuai dengan merk ponsel kamu.
  3. Android Light Bootloop
    Jenis bootloop yg satu ini memang tergolong yang bisa dibilang sangat ringan dari cara bootloop yg sebelumnya & bootloop yg seperti ini umumnya disebabkan karena kamu bermain game-game atau menginstall sebuah aplikasi-aplikasi yang tiba-tiba handphone menjadi restart secara otomatis. lalu yang paling lebih menjengkelkan lagi adalah ponsel kamu tidak bisa lagi ke menu dan hanya memunculkan logo dari ponselnya saja. Jangan panik berikut dibawah adalah cara  untuk mengatasinya.

    Cara mengatasinya :


    Karena bootloop yang seperti ini bisa dibilang yg sangat ringan untuk cara mengatasinya pun tidak seribut cara bootloop sebelumnya. Caranya cukup mudah dengan cara coba untuk melepas baterai ponsel android kamu dan tunggu beberapa menit setelah itu silahkan untuk pasang kembali pada ponsel lalu silahkan nyalakan kembali ponsel kamu tersebut biasanya ponsel akan booting kembali menjadi normal dan ponsel sudah tidak bermasalah lagi.
Bagaimana sangat Mudah sekali bukan? Cara mengatasi mengatasi android yang bootloop, bootloop memang hal yang sangat menjengkelkan namun jika anda sudah tau bagaimana cara mengatasinya otomatis hal ini tentu sudah tidak akan menjadi masalah bagi anda lagi. Demikian sharing di tulisan kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel