-->

5G AKAN HADIR DI TAHUN 2018 APA SAJA KEUNGGULANNYA DIBANDING 4G

Gambar : Nokia

Seiring perkembangan teknologi yang semakin tumbuh dengan sangat pesatnya, tidak luput juga saat ini yang sedang dialami oleh jaringan internet. Jika sekarang kita sedang asyik-asyiknya menikmati generasi ke-4 jaringan internet, atau biasa kita kenal 4G, maka anda harus bersiap-siap untuk merasakan cepatnya jaringan generasi ke-5 atau 5G. Kata “G” sendiri diambil dari kata  “Generation” yang artinya adalah teknologi jaringan internet tanpa kabel (wireless), di Indonesia sendiri kini sudah berkembang teknlogi jaringan 4G, dan penyebarannya pun sudah cukup luas hingga ke seluruh  daerah di Indonesia.


Sebelum  4G diluncurkan masih ada beberapa generasi lawas yaitu 3G, Edge, dan 2G. Perbedaan dari keempat generasi inipun sangat terasa, Jaringan 4G lebih memiliki kecepatan internet yang sangat mumpuni.  Walaupun terbilang  4G lebih unggul dari 3G tapi nyatanya perbedaannya tidak terlalu jauh. Dan apakah hal itu juga akan terulang di generasi ke-5 atau 5G.

Berikut saya akan beberkan kepada kalian semua mengenai kecepatan pada jaringan internet wireless mulai dari 2G sampai 4G :


Teknologi jaringan internet 5G bisa mencapai kecepatan internet hingga 200 kali lipat dari 4G, dan 4G sendiri saat ini kecepatannya hanya mencapai 100 Mbps, lalu 5G sendiri kecepatannya bisa mencapai  1 Gbps. Dengan kecepatan yang sangat luar biasa dipastikan akan membuat kita semakin nyaman saat berintenet, dan bagi kalian yang suka mendownload video pasti akan merasa sangat senang karena film berkualitas Ultra HD bisa kalian download hanya dalam hitungan detik.

5G sendiri lebih mengarah pada bandwidth dari pada kecepatan tinggi yang disuguhkan oleh 4G. dampak positif dari keutamaan bandwidth adalah untuk mengakses internet tanpa kendala lemot maupun lag., meski digunakan dalam skala besar. Kehadiran jaringan 5G pastinya akan didukung berkembangnya teknologi yang lebih maju, dan teknologi maju tersebut seperti, hadirnya kendaraan mandiri yang pastinya lebih berkembang karena adanya jaringan 5G. Internet of Things (IoT) merupakan salah satu konsep yang akan sangat sukses pada tahun 2020. Hadirnya 5G sendiri bisa mempermudah kita untuk terhubung pada televisi, lemari es, pintu, listrik dan lain-lain.


ketika kita ingin menggunakan sebuah aplikasi pada jaringan 5G hanya butuh waktu 1 milidetik, sangat bebeda jauh dengan 4G yang membutuhkan waktu 10 milidetik. Butuh waktu lebih lama  untuk merealisasikan jaringan 5G agar bisa luas ke seluruh dunia. Namun perusahaan-perusahaan besar seperti Samsung, Nokia, dan juga Ericcson sudah bersiap untuk  berinvestasi dan melakukan penelitian lebih dalam lagi soal teknologi 5G. dibutuhkan waktu kurang lebih 3-4 tahun agar proyek ini menjadi  kenyataan. Verizon dan AT&T dikabarkan juga sudah melakukan investasinya kedalam teknologi masa depan yang sangat canggih ini, dan juga sudah menerapakan teknologi 5G di kantor mereka. Dikabarkan juga Verizon akan menggelar tes uji cobanya  di Boston, New York, dan juga San Francisco pada tahun ini.

Pengamat teknologi Indonesia menyatakan, tidak akan butuh waktu lama bagi Indonesia untuk merasakaan teknologi 5G, karena standarisasi 3GPP fase pertama akan dirilis pada tahun 2018. Dan Indonesia sendiri mungkin akan merasakan jaringan 5G setelah tahun 2020.  

Jaringan 5G bisa Unduh Video 2GB dalam Waktu 3.2 Detik, Korea Dipilih Sebagai Negara Pertama Dunia Yang Mencicipi Jaringan 5G. Masyarakat Korea Selatan nampak benar-benar dimanjakan oleh teknologi terkini.

Baru-baru ini, laman operator KT mengumumkan bahwa jaringan 5G pertama di dunia akan dipertemukan dengan para pecinta gadget di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang yang akan digelar pada Februari mendatang di Provinsi Gangwon-do. Bedanya teknologi 5G sendiri disebut-sebut memiliki kecepatan 40.000 kali lipat dari 4G dan lebih cepat 78.000 kali dari 2G.

Selain itu terutama bagi kita Kpopers nih, saat kita akan mendownload sebuah video yang bahkan memiliki resolusi full HD dengan ukuran 2 GB sekalipun, itu hanya akan memerlukan waktu sebesar 3.2 detik dibandigkan 4G yang sedikit lebih lama. Kabarnya lagi, ponsel dengan 5G baru akan dirilis vendor ponsel dunia sekitar akhir 2018 atau 2019 setelahnya.

Apa kalian menantikan jaringan super cepat ini? Bagaimana pula dengan komentar kalian soal jaringan 4G di Indonesia ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel