-->

5 Rekomendasi Software Untuk Membuat ebook PDF


Software untuk membuat ebook - Apakah anda seorang penulis yang ingin membagikan coretan anda melalui buku digital atau sering kita sebut sebagai ebook? Kalau iya, kebetulan pada kali ini saya akan membahas tentang Software untuk membuat ebook gratis dan terbaik versi troublekit.

Pada saat ini banyak sekali penulis yang sudah membagikan coretan dan juga pengalamannya melalui buku digital atau ebook, baik itu secara gratis ataupun secara komersial. Dan juga seiring perkembangnya teknologi ebook pun dapat dibaca hampir oleh semua jenis device Mulai dari smartphone Android,  iPhone, iPad, PC dan juga laptop.

Jika anda ingin juga membagikan coretan anda dalam bentuk ebook, saya telah menyiapkan 5 rekomendasi software untuk membuat ebook terbaik dan gratis yang bisa anda gunakan seperti dibawah ini :

Software untuk membuat ebook


1. Software Untuk membuat ebook "Calibre"



Di urutan pertama ada software yang bernama calibre. Software untuk membuat ebook yang gratis dan juga multiplatform yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan iOS. Software ini sudah dilengkapi dengan hampir semua fitur lanjutan yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah ebook sendiri.

Software calibre mampu mendukung banyak format seperti CBZ, CBR, CBC, AZW, AZW3, AZW4, CHM, DJVU, DOCX, EPUB, FB2, ODT, PDF, PRC, PDB, HTML, HTMLZ, LIT, LRF, MOBI, TXTZ, SNB, RTF, RB, TCR, TXT, dan PML. Kemudian file tersebut bisa kamu konversikan ke dalam jenis format ebook populer seperti RTF, SNB, TCR, TXT, TXTZ, ZIP, AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, dan juga PDF.

Software Calibre juga mempunyai fitur untuk membuat cover ebook yang akan membantu kamu untuk membuat cover ebook kamu sendiri. Selain itu, ebook yang telah kamu buat bisa disimpan langsung ke komputer atau bisa juga mengirimnya langsung ke device yang terkoneksi dengan komputer. Dengan software ini juga kamu juga dapat mendownload ataupun mengedit ebook dengan software ini.

Jika kamu tertarik ingin menggunakan calibre untuk membuat ebook, Anda bisa download calibre secara langsung pada situs resminya pada link berikut :

Download Calibre

2. Software Untuk membuat ebook "Mobipocket creator"



Software ini adalah software gratis untuk membuat ebook yang serbaguna. Selain itu, software ini mempunyai interface yang sederhana yang akan memudahkan kamu untuk mengoperasikan software mobipocket. Kamu bisa membuat ebook baru dari awal dan juga kamu bisa mengedit Facebook yang telah ditulis sebelumnya. Mobipocket creator mempunyai dukungan format seperti HTML, TXT, PDF, dan DOCX.

Pada bagian metadata kamu juga bisa menambahkan cover, daftar isi, deskripsi, dan lain-lain sama seperti software Calibre. Ebook yang sudah kamu buat dengan menggunakan format yang saya sebutkan diatas, dapat dikonversikan ke dalam format PRC dan PRCX. Dan juga kelebihan software ini kamu bisa langsung mempublikasikan ebook yang kamu buat secara online. Dan juga mobipocket creator telah menyediakan beberapa template untuk membuat ebook seperti date book, photo album, glossary, list, generic database, dan lain-lain

Ingin menggunakan software mobipocket creator? Mobipocket creator bisa kamu download gratis pada link berikut :


3. Software Untuk membuat ebook "ePUBee maker"



ePUBee maker merupakan sebuah software yang keren untuk membuat sebuah ebook pada PC. ePUBee maker ini sebenarnya adalah sebuah add-in untuk di gunakan pada Microsoft Word yang sangat mudah dan juga efisien untuk membuat ebook. Dengan bantuan dari software ini kamu dapat mengkonversikan file Microsoft Word ke format ePUB dan juga PDF.

Untuk menggunakan add-in ini kamu download softwarenya terlebih dahulu, setelah di-install kamu buka Microsoft Word dan di sana kamu akan melihat toolbar baru di Microsoft Word.

ePUBee Maker mempunyai fitur seperti berikut

Quick publish : dimana dengan cepat file dari Microsoft Word dikonversikan menjadi file berformat ePUB tanpa menambahkan info tambahan kedalamnya yang terkait dengan ebook.
Publish : jika fitur quick publish mengkonversikan tanpa menambahkan info tambahan, berbeda dengan fitur publish. Sebelum mengkonversikan file ePUBee maker meminta kamu untuk menambahkan cover ebook dan juga menambahkan Meta description seperti judul, penulis, bahasa, dan peran.
Save as PDF : untuk fitur ini kamu bisa langsung menyimpan ebook tersebut ke dalam format PDF.

Jika kamu ingin menggunakan software ini kamu bisa download pada link berikut :

Download ePUBee maker

4. Software Untuk membuat ebook "Sigil"



Sigil merupakan software untuk membuat ebook gratis dan juga multiplatform yang dapat digunakan pada Windows dan iOS. Dengan bantuan dari software ini Anda dapat menambahkan info metadata pada file ePub dan juga HTML dengan mudah. Software yang satu ini juga memiliki fitur untuk dapat menambahkan gambar cover, daftar isi, dan indeks. Kamu juga dapat mengedit konten pada ebook.

Sigil mempunyai fitur yang menarik seperti spell checker untuk mengoreksi isi dari ebook. Tetapi sayangnya hasil dari software sigil ini hanya berformat ePub, tapi software ini telah menyediakan fitur untuk mengubah styling font, gambar, video, dan juga audio pada ebook

Jika kamu ingin menggunakan sigil, kamu bisa download software ini pada link berikut :

 Download sigil

5. MS Word to EPUB converter



Software yang satu ini merupakan software yang bisa dibilang paling sederhana untuk membuat ebook. Dimana dengan software ini kamu bisa membuat ebook kamu sendiri secara gratis. Seperti gambar diatas kalian bisa lihat sendiri software ini memiliki interface yang sangat sederhana, dan juga memiliki fungsi yang terbatas yaitu hanya dapat mengkonversi file saja.

Untuk menggunakan software ini pertama-tama kamu klik 'add Word file(s)' baru Kemudian kami pilih file Microsoft Word yang ingin kamu konversikan dari komputer. Kemudian kamu klik pada bagian "start converting" lalu proses konversi pun akan berjalan tunggu hingga selesai dan kamu akan langsung mendapatkan ebook dengan bentuk format ePub.

Tetapi sayangnya versi gratis software ini tidak memiliki fungsi lain selain mengkonversi file Microsoft Word ke format epub. Dan tentunya Jika kamu mau pesan versi full atau berbayar akan mendapatkan fitur yang lebih yaitu dapat melakukan seleksi pada semua file Microsoft Word pada suatu folder.


Demikianlah 5 rekomendasi software untuk membuat ebook gratis dan terbaik versi troublekit. Semoga artikel ini menjadi referensi buat kamu yang sedang mencari software untuk membuat ebook.
Jika ada yang mau ditanyakan atau tambahkan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah, terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel